Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Tenyata Jerawat Muncul Karena Bantal Kotor

Diterbitkan Jum'at, 18 Oktober 2024

 

Tentu saja jerawat muncul tak hanya karena hormon pada tubuh kita. Ternyata jerawat bisa disebabkan oleh bantal yang kotor. Bantal yang jarang diganti atau dicuci dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran, minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Semua ini bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Untuk mengurangi risiko jerawat karena bantal,ada beberapa tips untuk membersihkan bantal. Membersihkan bantal dengan benar sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit serta kualitas tidur. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Lepaskan sarung bantal

Pastikan untuk melepaskan sarung bantal sebelum mencuci bantal.

  1. Baca petunjuk pada label

Periksa label pada bantal untuk mengetahui cara perawatan yang tepat.

  1. Periksa bahan bantal

Jenis bahan bantal menentukan cara mencucinya. Misalnya, bantal dari bulu angsa memerlukan perawatan khusus, sedangkan bantal dari busa tidak boleh dicuci dengan mesin.

  1. Mencuci bantal menggunakan mesin
  • Gunakan air hangat atau dingin sesuai petunjuk label.
  • Tambahkan deterjen cair yang aman untuk bantal.
  • Masukkan bantal ke dalam mesin cuci dan pilih siklus lembut.
  • Bilas bantal dua kali untuk memastikan semua deterjen terhapus.
  1. Mencuci bantal menggunakan tangan

Jika bantal tidak bisa dicuci dengan mesin, cuci dengan tangan menggunakan air hangat dan deterjen lembut. Remas-remas bantal dengan lembut untuk menghilangkan kotoran.

  1. Keringkan bantal

Keringkan bantal dengan cara dijemur di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering dengan siklus tanpa pemanas. Pastikan bantal benar-benar kering untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Anda juga perlu melakukan hal sederhana berikut ini secara rutin untuk memastikan kebersihan bantal tidur Anda:

  • Ganti sarung bantal secara rutin: Setidaknya sekali seminggu.
  • Cuci bantal secara berkala: Jika memungkinkan, cuci bantal setiap beberapa bulan.
  • Gunakan sarung bantal berbahan lembut: Seperti katun, yang lebih ramah di kulit.
  • Hindari tidur dengan wajah yang kotor: Pastikan wajah bersih sebelum tidur.

 

Jika bantal masih berbau tidak sedap setelah dicuci, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau tersebut:

  • Cuci ulang dengan baking soda

Tambahkan setengah cangkir baking soda ke dalam mesin cuci saat mencuci ulang bantal. Baking soda efektif dalam menghilangkan bau.

  • Gunakan cuka putih

Tambahkan setengah cangkir cuka putih ke dalam siklus pembilasan. Cuka putih dapat membantu menghilangkan bau dan membunuh bakteri.

  • Jemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari dapat membantu menghilangkan bau dan membunuh bakteri. Pastikan bantal benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

  • Gunakan pengering dengan bola pengering

Jika menggunakan pengering, tambahkan beberapa bola pengering atau bola tenis yang bersih untuk membantu mengangin-anginkan bantal dan menghilangkan bau.

  • Taburkan baking soda

Jika bau masih ada, taburkan baking soda di seluruh permukaan bantal dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya dengan penyedot debu.

 

Ada juga yang mengatakan jerawat atau beruntusan bisa hilang dengan menggunakan shampo anti ketombe. Tips di atas bisa saja di coba untuk mengurangi jerawat dan memastikan kebersihan bantal tidur Anda. Tentu saja kebersihan bantal tak hanya bisa mengurangi jerawat, tentunya bisa menambah kualitas tidur Anda. Cobain di rumah Anda atau Panggil Haidee Care saja yuk untuk kebersihan bantal tidurmu secara mendalam! Hubungi admin dan reservasi sekarang yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *