Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Bekas Gumoh Si Kecil yang Masih Menempel

Diterbitkan Jum'at, 18 Oktober 2024

 

Gumoh adalah reflek keluarnya ASI yang baru saja ditelan bayi karena cincin otot (sfingter) di kerongkongannya belum bisa menutup sempurna. Gumoh pada bayi adalah kondisi ketika susu mengalir dengan mudah keluar tanpa tekanan dari perut. Meskipun mirip dengan muntah, gumoh terjadi saat susu mengalir tanpa kontraksi kuat dari otot perut. Penyebab gumoh pada bayi biasanya terkait dengan sistem pencernaan yang belum matang.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi gumoh pada bayi:

  • Jangan memberikan susu secara berlebihan

Berikan susu dalam jumlah sedikit tapi sering. Jumlah susu yang terlalu banyak bisa memenuhi lambung si kecil yang masih lemah, jadi menyebabkan gumoh dan keluar naik kembali susunya.

  • Pastikan posisi tubuh bayi tegak saat menyusu

Setelah menyusu, tahan tubuh bayi dalam posisi tegak selama sekitar 30 menit. Kebanyakan orang menggendong dengan posisi duduk supaya susu bisa di proses dengan baik di perut bayi.

  • Sendawakan bayi setelah menyusu

Tunggu minimal 30 menit sebelum memberikan tekanan pada perutnya. Setelah menyendawakan bayo, itu tandanya di perut bayi sudah bisa mencerna susu dan tanda bahwa susu tidak akan keluar naik lagi.

  • Pilih dot dengan lubang yang tidak terlalu besar

Jika bayi minum dari ASI perah atau susu formula menggunakan botol. Carilah dot dengan lubang yang sedang saja, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

  • Kurangi konsumsi produk susu

Jika bayi minum ASI eksklusif, hindari makanan atau minuman yang terbuat dari susu, seperti keju dan yoghurt.

 

Untuk membersihkan bekas gumoh pada kain, berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Bubuk Soda Kue

  • Basahi selembar handuk dan celupkan ke dalam mangkuk berisi bubuk soda kue.
  • Totol-totolkan handuk ke daerah yang ternoda.
  • Cuci seperti biasa dengan detergen lembut penghilang noda seperti Rinso.

 

Air Perasan Lemon dan Sinar Matahari

  • Perciki daerah yang ternoda dengan air perasan lemon.
  • Jemur di bawah sinar matahari langsung.
  • Metode ini sebaiknya digunakan pada barang yang berwarna terang saja karena air lemon bisa memudarkan warna gelap.

 

Ingatlah untuk menjemur pakaian atau barang yang ingin dibersihkan dari noda di bawah sinar matahari langsung karena sinar matahari juga memiliki efek menghilangkan noda. Jika ada bekas gumoh pada karpet atau sofa, maupun kasur di box bayi Anda juga perlu segera mencucinya. Berikut beberapa cara membersihkan gumoh dari karpet dan sofa:

 

Karpet

  • Bubuk Soda Kue

Basahi selembar handuk dan celupkan ke dalam mangkuk berisi bubuk soda kue. Totol-totolkan handuk ke daerah yang ternoda pada karpet. Cuci seperti biasa dengan detergen lembut penghilang noda seperti Rinso.

  • Air Perasan Lemon dan Sinar Matahari

Perciki daerah yang ternoda dengan air perasan lemon, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung. Metode ini cocok untuk barang berwarna terang.

 

Sofa

  • Noda Jamur pada Sofa Kain

Semprotkan larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 pada sofa kain yang berjamur. Gosok bagian yang akan dibersihkan menggunakan sikat. Jika noda jamurnya terlalu tebal, tambahkan sedikit detergen. Seka dengan kain kering dan keringkan sofa di ruangan terbuka.

  • Noda pada Sofa Kulit

Gunakan alkohol pada sofa kulit. Gosok bagian yang akan dibersihkan menggunakan sikat. Seka dengan kain kering dan keringkan sofa di ruangan terbuka.

 

Jika bekas gumoh sudah mengering, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Sikat atau Gosok

Gunakan sikat lembut atau kain bersih untuk menghilangkan sisa gumoh yang mengering. Pastikan Anda tidak merusak permukaan bahan (misalnya, karpet atau sofa).

  • Cuci dengan Cairan Pembersih

Campurkan air hangat dengan sedikit cairan pembersih (misalnya, detergen ringan) dan gunakan spons atau kain bersih untuk membersihkan area yang terkena gumoh. Setelah membersihkan, lap dengan kain kering.

  • Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jemur benda yang terkena gumoh di bawah sinar matahari langsung. Ini membantu menghilangkan bau dan memastikan kebersihan yang lebih baik.

 

Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk perawatan yang sesuai dengan jenis bahan (misalnya, karpet berbulu atau sofa kulit) agar tidak merusak permukaan. Dan pastikan setelah mencucinya untuk memastikan bahwa permukaan dan isinya benar-benar kering supaya tak menimbulkan bau apek lainnya.

Carseat, stroller ataupun karpet dan sofa kena tumpahan gumoh si kecil dan Anda ingin mencucinya tak memiliki waktu luang? Cucikan di Haidee Care saja yuk! Tak hanya barang tersebut, kasur dan box bayi pun bisa kami atasi. Dengan menggunakan cairan yang aman untuk si kecil dan metode treatment yang tidak akan merusak bahan asli barang Anda. Tunggu apalagi? Hubungi admin Haidee Care sekarang juga yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *