Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Cara Mudah Cek Keberadaan Tungau di Kasur

Diterbitkan Jum'at, 18 Oktober 2024

Cara Mudah Cek Keberadaan Tungau di Kasur

Pernahkah kamu melihat serangga berukuran kecil yang berkeliaran di tempat tidur? Bisa jadi serangga tersebut merupakan tungau yang tinggal di dalam kasurmu. Tungau merupakan makhluk hidup yang dapat berkembangbiak di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, untuk mencegah tungau berkembangbiak di tempat tidur, kamu harus selalu mengecek kasurmu. Hal ini penting untuk dilakukan karena tungau dapat menjadi sumber infeksi yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bahkan sampai infeksi pada kulit. Yuk simak cara mudah untuk mengecek keberadaan tungau di kasur:

  1. Adanya bekas gigitan di permukaan kulit yang berwarna merah, terasa gatal, dan terjadi di bagian leher dan lengan.
  2. Munculnya kotoran tungau berupa bintik hitam di kasur.
  3. Munculnya telur kecil di lipatan kasur.
  4. Adanya bau apek yang muncul di kamar dan tempat tidur.
  5. Adanya bintik darah di sprei akibat tungau yang tertindih.

Jika kamu menemukan ciri-ciri tersebut di tempat tidurmu, bisa dipastikan ada tungau di kasurmu. Tungau tersebut bisa muncul dari lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya, kamu bisa lakukan beberapa hal ini untuk mencegah perkembangbiakan tungau di tempat tidurmu:

  1. Rutin mengganti dan mencuci sprei dan sarung bantal

Salah satu cara untuk mencegah tungau berkembangbiak di kasur adalah dengan rutin mengganti dan mencuci sprei tiap seminggu sekali agar selalu terjaga kebersihan dari kasur.

  1. Membersihkan furniture di kamar dengan lap basah

Membersihkan furniture di kamar yang rentan berdebu dengan lap basah juga dapat mencegah perkembangbiakan tungau di kasur loh! Hal ini dapat terjadi karena debu yang terangkat dari lap basah tidak akan menjadi sarang pertumbuhan tungau.

  1. Menggunakan hydrovacuum secara rutin

Penggunaan hydrovacuum secara rutin untuk menyedot debu dan tungau di kasur merupakan cara yang paling efektif karena dilakukan dengan menggunakan alat hydrovacuum profesional yang dapat menyedot debu dan tungau pada kedalaman 20-30cm. Hydrovacuum dapat digunakan secara rutin setiap sebulan sekali untuk memastikan tidak ada perkembangan tungau pada kasurmu.

 

Wah, ternyata cukup mudah ya untuk mengetahui keberadaan tungau di kasur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang merasakan ciri-ciri adanya tungau di kasur agar tidak terjadi infeksi pada kulit ya! Yuk pastikan kamu rutin hydrovacuum di Haidee Care untuk mencegah adanya tungau di tempat tidurmu, hubungi admin di cabang terdekatmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *