Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Jenis-jenis tungau dan penyakit yang ditimbulkan

Diterbitkan Jum'at, 18 Oktober 2024

Jenis-Jenis Tungau dan Penyakit Yang Ditimbulkan

Tahukah kamu kalau tungau bisa hidup dan berkembang biak di berbagai kondisi lingkungan? Serangga berukuran kecil ini seringkali ditemukan di tempat-tempat  sekitar kita seperti di kasur, karpet, ataupun di soft furniture lain. Berikut beberapa jenis tungau dan efek alergi yang dapat ditimbulkan dari gigitan tungau:

  1. Sarcoptes scabiei

Jenis tungau ini dapat masuk ke permukaan bawah kulit dengan membentuk lubang terowongan, gigitan tungau yang diakibatkan oleh sarcoptes scabiei ini dikenal dengan istilah scabies atau kudis. Gejala yang ditimbulkan diantaranya:

  • Gatal pada lipatan kulit yang akan semakin parah di malam hari
  • Timbul ruam atau lepuhan yang berisi cairan bening
  • Kulit kemerahan dan bersisik

Jika anda mengalami gejala di atas, bisa menggunakan obat oles yang direkomendasikan oleh apoteker atau dokter. Anda juga bisa mengonsumsi obat melalui resep dokter untuk meredakan rasa gatal.

  1. Demodex

Demodex merupakan tungau yang sering ditemukan di folikel rambut, umumnya di bagian wajah. Gejala yang ditimbulkan dari gigitan tungau ini yaitu iritasi pada kulit, kulit kemerahan, gatal, dan perih. Gejala gigitan tungau demodex juga dapat beresiko mengalami eksim.

  1. Tungau Debu

Tungau debu atau yang biasa disebut tungau rumahan umumnya hidup di berbagai barang rumah tangga seperti kasur, seprai, dan karpet. Tungau debu ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan memicu kambuhnya asma. Selain itu, tungau debu bisa menimbulkan hidung tersumbat, sesak napas, bersin dan batuk.

Berikut adalah pencegahan yang dapat kamu lakukan untuk menghambat pertumbuhan tungau:

  1. Membersihkan perabot rumah tangga menggunakan lap basah
  2. Melapisi atau membungkus alas tidur, bantal, dan guling dengan bahan yang dapat menahan debu jika tidak digunakan
  3. Mencuci sprei, sarung bantal dan guling, serta selimut dengan air panas dan detergen setidaknya seminggu sekali
  4. Memakai masker saat membersihkan rumah
  5. Menggunakan dehumidifier atau air conditioner (AC) untuk ruangan yang terlalu lembap, jika memungkinkan.
  6. Cucilah pakaian, sprei, dan handuk dengan air panas secara rutin. Selanjutnya, jemur di bawah sinar matahari untuk memastikan seluruh tungau mati.

Jika kamu sudah terkena gigitan tungau, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan reservasi treatment hydrovacuum di Haidee Caare loh. Dengan hydrovacuum, tungau dapat terhisap sampai kedalaman 20-30cm, jadi tidak perlu khawatir ada  tungau yang tertinggal di kasurmu. yuk cek instagram @haideecare untuk reservasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *